Menerapkan Rumus Date-Time


       Menerapkan Rumus Date-Time


        A.    Fungsi DATE, DAY, MONTH,  dan YEAR


1.     Fungsi DATE

Fungsi DATE berguna untuk mempermudah perhitungan jumlah hari dan tanggal. Fungsi ini sering digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penggunaan fungsi DATE
a.       Aktifkan sel, lalu klik kanan pilih Format Cells Date
b.      Pilih Category Date
c.       Pilih Type sesuai yang diinginkan
d.      
Klik OK






















e.   Tulislah data yang akan diolah. Contohnya sekarang tanggal 30 Juni 2015 dan kamu    akan mencari tanggal untuk 30, 56, 80, dan 150 hari yang akan dating.

f.  Letakkan kursor pada sel C1 lalu tulis sama dengan (=), klik sel A2 (absolutkan dengan tekan F4), tulis tanda Plus (+), setelah itu klik sel B2. Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut.



g.  Tekan Enter, setelah itu, untuk melengkapi semua kolom, arahkan kursor ke pojok kanan bawah sel hingga muncul tanda plus (+) lalu tarik ke bawah.


Langkah diatas digunakan untuk mengetahui tanggal dari beberapa hari yang akan datang. Sekarang kamu akan mempelajari cara mencari jumlah hari dari tanggal sekarang ke tanggal yang akan datang. Berikut langkah-langkah untuk mencari jumlah hari.
a.      Tulis data yang akan diolah
b.      Letakkan kursor pada sel yang digunakan untuk menghitung hasil jumlah hari.
c.    Tulislah sma dengan (=), klik sel tanggal yang akan datang (B2), lalu klik sel tanggal sekarang (A2)
d.  Tekan Enter lalu salin ke kolom selanjutnya dengan mengarahkan kursor ke pojok kanan bawah sel C2 sampai kolom paling bawah.



2. Fungsi DAY, MONTH, dan YEAR

Fungsi DAY digunakan untuk menentukan tanggal, MONTH digunakan untuk menentukan bulan, dan YEAR untuk menentukan tahun dari suatu rangkaian nomor seri. Adapun contoh penerapan beserta langkah penggunaannya adalah sebagai berikut.
a.   Tulislah data yang akan diolah
b.  Untuk mengisi kolom DAY (B2), letakkan kursor pada sel DAY lalu tuliskan rumus =DAY(D2) dan tekan Enter, A2 merupakan kolom dari rangkaian nomor seri
c.   Untuk mengisi kolom MONTH (C2), letakkan kursor pada sel DAY lalu tuliskan rumus =MONTH(A2) lalu tekan Enter
d.   Untuk mengisi kolom YEAR (D2), letakkan kursor pada sel YEAR lalu tuliskan rumus =YEAR (A2) lalu tekan Enter



         B.    Fungsi HOUR, MINUTE, SECOND, dan NETWORKDAYS

1.      Fungsi HOUR, MINUTE, dan SECOND

Fungsi HOUR, MINUTE, dan SECOND merupakan fungsi TIME yang berguna untuk keperluan penghitungan waktu. Fungsi HOUR digunakan untuk menghitung jumlah jam, fungsi MINUTE digunakan untuk menghitung jumlah menit, dan fungsi SECOND digunakan untuk menghitung jumlah detik.
            Contoh :
Pak Imam mendirikan sebuah warnet yang diberi nama Mumtaz-net. Untuk per satu jam, pelanggan dikenakan biaya Rp3.000,00. Lalu berapa total biaya untuk pemakaian berikut ini?


2.      Fungsi NETWORKDAYS

Fungsi NETWORKDAYS digunakan untuk menghasilkan nilai jumlah seluruh hari kerja di antara tanggal awal dan tanggal akhir. Dalam satu minggu, dihitung 5 hari kerja. Supaya lebih jelas, perhatikan contoh berikut ini.



Absen yang dimaksudkan tersebut merupakan tanggal tidak masuk masuk selain Hari Sabtu dan Minggu. Berdasarkan data di atas, untuk menghitung jumlah hari kerja, kamu dapat menggunakan langlah-langkah berikut ini.
a.      Letakkan kursor pada sel jumlah hari kerja (E2)
b.   Tuliskan tanda sama dengan (=), lalu tulis NETWORKDAYS, klik sel ‘mulai kerja’, lalu klik sel ‘akhir kerja’, dilanjutkan klik sel absen.
c.    Tekan Enter  dan salinlah ke bawah dengan menarik kursor dari pojok kanan bawah sel



Latihan soal tentang rumus date-time dapat di download melalui link berikut :
Latihan Soal Date-Time

Daftar Pustaka :
1.Astuti, Sari Dewi. 2018. Aplikasi Pengolah Angka Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kelas X. Surabaya: CV Mediatama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengentri Data Berdasarkan Rumus Finansial

Mengentri Data Berdasarkan Rumus Statistika